Kamis, 21 Juli 2016

Samanta Dan Forkim Lotim Gelar Pelatihan SID Dan Internet Positif

Selong.Inforkim_Yayasan Samanta Foundation bekerjasama dengan Forkim Lombok  Timur menggelar Pelatihan Sistem Informasi Desa  Dan Internet Positif  di Hotel Karina Selong Kabupaten Lombok Timur Nusa Tenggara Barat. (21/07)


Pelatihan ini dimulai pukul 09:30 yang diikuti oleh 50 peserta  dari 26 Desa mewakili dari beberapa kecamatan yang ada di Lombok Timur seperti Kecamatan Sembelia, Pringgabaya, Suela, Wanasaba, Masbagik, Sikur dan juga Selong. Turut hadir dalam acara tersebut Direktur Pemberdayaan Informati ka Prasetyo Tangkary dan Andri Johandri sebagai pemateri Sistem informasi Desa serta Kasi Kominfo Lombok Timur Saharudin. 

Acara Pelatihan SID ini dibuka langsung oleh Kepala Seksi (Kasi ) Kominfo Lotim kemudian dilanjutkan dengan sambutan oleh Direktur Pemberdayaan Informatika Prasetyo mengatakan bahwa  sekitar  88,1 Juta Penduduk  menggunakan jaringan internet dari 250 juta penduduk di Indonesia.

Dengan adanya Program pelatihan Sistem Informasi Desa (SID) yang di selenggarakan di Hotel Karina ini tujuan salah satunya adalah bagaimana peserta bisa menjadi agen perubahan dalam membangun masyarakat cerdas di tingkat perdesaan terutama dalam menyajikan informasi dan mengelola website berbasis desa.


Hal itu dipandang sangat  perlu apalagi diera keterbukaan seperti sekarang ini, masyarakat disuguhi oleh dunia IT. Berbekal dari pelatihan ini, peserta diharapkan bisa mentransfer  pengetahuannya ( sharing information ) kepada pemuda dan masyarakat tempat asal mereka. Sehingga kedepan masyarakat bisa mengakses informasi berkaitan dengan pedesaan sebagaimana dijelaskan dalam UU No.14 Tahun 2008.


``Dalam UU Nomor 14 Tahun 2008 terkait dengan keterbukaan informasi publik didalamnya dijelaskan bahwa masyarakat  secara menyeluruh bisa mengakses segala informasi baik potensi desa dan kondisi desa itu sendiri ``  Jelas Hajad Guna Roasmadi selaku sekertaris Forkim Lotim kepada awak media.

Selain itu,Pelatihan ini disambut baik oleh para peserta terbukti dengan antusiasnya mereka mengikuti kegiatan ini. Seperti yang dikatakan oleh salah seorang peserta Erik saat diwawancarai media mengatakan kegiatan semacam ini sangat penting sekali selain sebagai ajang silaturrahim dan juga diberikan bagaimana mengelola website.

``Yang saya dapatkan banyak sekali disamping ilmunya juga kita dikasih aplikasi website gratis secara percuma`` Tuturnya.

Rencana kegiatan  pelatihan system informasi desa ini akan berlangsung selama 2 hari dari tanggal 21 – 22 Juli 2016 besok. (lie)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar